Rabu, 09 Januari 2013

Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Pada bagian pembahasan ini, penulis mencoba menguraikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Faktor-faktor yang penulis maksudkan adalah sebagai berikut : 

a. Faktor Intern 
Faktor intern yaitu faktor yang datang dalam individu itu sendiri. Faktor intern ini terdiri dari : 
1) Faktor Jasmaniah 
Faktor jasmaniah merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar dimana faktor tersebut berhubungan dengan jasmaniah atau kondisi badan siswa. Sehingga apabila kondisi badan siswa tergantung akan mempengaruhi hasil belajarnya. Olehnya itu, jasmani harus dijaga agar selalu dalam kondisi yang prima. 
2) Faktor Psikologis 
Faktor eksteren adalah merupakan salah satu faktor intern yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, Faktor psikologis ini berkenaan dengan kondisi kejiwaan siswa. 

b. Faktor Ekstern 
Faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar individu yang dapat mempengaruhi prestasi belajar. 
Slameto (1987), mengemukakan bahwa ada tiga bagian faktor ekstern, yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. 
Prestasi belajar yang dicapai oleh seseorang siswa merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang berasal dari dalam diri siswa maupun faktor yang berasal dari luar siswa. Salah satu faktor dari dalam diri siswa adalah minat belajar. Minat dapat mendorong seseorang siswa untuk dapat belajar dengan baik. Siswa yang mempunyai minat belajar yang tinggi akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi pula. Dimana siswa memperlihatkan adanya rasa senang dan melalui mau belajar tanpa ada pengaruh dari siapapun. Karena mereka melakukan semua itu didasari atas niat yang suci dan ikhlas. Dari keterangan di atas dapat disimpulkan bahwa seseorang yang berminat dalam belajar dapat dilihat dalam kegiatan belajarnya, adanya rasa senang, dapat dilihat dari frekwensi belajarnya. Hubungan minat dengan prestasi belajar dapat digambarkan sebagai berikut: Siswa yang berminat dalam pelajaran akan merasa senang dan penuh perhatian dalam belajar, ia akan dengan suka rela aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa yang demikian sudah barang tentu akan menguasai materi pelajaran dengan baik sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat pula. 

Referensi - Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Slameto, 1987, Belajar dan Fajktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Bina Aksara.

2 komentar:

  1. sayang sekali tulisan diatas tidak disertai dengan pemecahan masalah yang dipaparkan,khususnya poin b hingga akhir,thanks anyway

    BalasHapus
  2. sangat bagus tetapi saya setuju bahwa masalah dikemukakan harus ada ide untuk pemecahan masalahnya, thanks
    mohon kunjungannnya di www.alatlabperaga.com

    BalasHapus